Jumat, 28 Oktober 2011

Menulis huruf hiragana

 


A.    Menulis Huruf Hiragana

teman2..sebenarnya, mudah kook menulis dg Hiragana dan Katakana

lihat ini. saya akan menulis ATSUI . ..
maka mari kta pisaah..sambil melihat tabel (ato yg sudah hapal, tdk perlu melihat tabel)
kata ATSUI, akan saya pisah menjadi A - TSU - I...jgn dipisah mjd AT - SU - I, mengapa? walaupun SU dan I dlm Hiragana adaa, tpi bgmn dgn AT? tdk ad bkn..mka sy pisah menjadi

A - TSU - I..lalu tinggal tulis deh
A =
, TSU = , I = ..maka kalau saya gabung menjadi

-->
あつ = atsui (panas)

bgmn, mudah kan? lalu, bgmn dgn jika ada huruf yg double ? seperti
-> zaSShi (majalah)_, lalu ->gaKKo (sekolah) ?..teman2 cukup menambahkan huruf hiragan "tsu" SEBELUM KONSONAN KEDUA DARI HURUF KEMBAR TADI. misal

zasshi --> (kita pisah) ZA - S - SHI . . nah huruf "S" kita ganti dgn "TSU"
gakko --> (kita pisah) GA - K - KO . . nah huruf "K" kita gani dgn "TSU"
(knp S dan K saya ganti dgn TSU?..krn pada Hiragana dan Katakan tidak ada huruf S dan K)
ZA =
, S = (ingat, S kita ganti TSU), SHI =
maka zasshi jika ditulis menjadi
ざつ .

bgmn dgn Gakko? kalian coba sendiri ya. tpi, "TSU" itu HANYA tidak berlaku pada jik ahuruf yg double itu "O". jika "O" yg double, maka dganti dhn huruf U, bukan TSU.
seperti,
OHAYOO (selamat pagi)..
sy pisah menjadi
O - HA - YO - O....O paling terakhir saya ganti dgn huruf hiragan U..knp? krn pada kata ohayoo terdapat dua huruf O.
maka jika saya tulis :

O HA YO O =
はよう


bgmn dgn KONNICHI WA?
krn ad dua huruf N apakah sya ganti dgn huruf TSU? tidak..coba kalian pisah..jika di pisah menjadi

KO - N - NI - CHI - WA
semua huruf itu terdapat di Hiragana jdi tidak perlu menambahkan huruf TSU pada kata N yg double. jdi kita hrs menge-check tabel yaa.

lalu, kenapa OHAYOO, huruf O paling terakhir saya ganti U? kenapa tidak menggunakan hiragana O saja? bisa saja kok..tpi saya sarankan utk mengganti O dgn huruf U..krn itu adalah yg pling Umum.

oh ia..saya lupa memberi tahu, lihat ini
KI =
, jika tmn2 check tdi tabel, sgt berbeda dgn yg saya ketik di komp. lalu lihat ini
SA =
, jika teman2 check juga di tabel, sgt berbda dgn yg saya ketik,
itu tidak usah diambil pusing, krn antara ditulis tangan dgn yg diketik oleh komputer tampak ada perbedaan. jika huruf KI dan SA hiragananya ditulis dgn tangan akan tampak "terpisah". namun jika diketik di komputer akan tampak tersambuNG

MARI KITA LATIHAN!!
teman2..jika sudah paham dgn penulisan huruf hiragana, coba tmn2 latihan yaa.
coba teman2 tulis kata2 ini dgn hiragana

1. CHOTTO (sedikit) = .... ?
2. KITTE (karcis) = .... ?
3. HYAKU (seratus) = .... ?
4. SAYOONARA (selamat tinggal) = .... ?
5. KOOTOGAKKOO (SMA) = .... ?
6. CHUUGAKKOO (SMP) = ... ?
7. SHOOGAKKOOO (SD) = .... ?
8. SEITO (Murid) = .... ?
9. BUTSURIGAKU (Fisika) = .... ?
10. ONGAKU (musik) = .... ?

skrg, coba teman2 baca hiragana ini :

1.
きよういく = .... ? (pendidikan)
2.
こくりつがつこう = .... ? (sekolah negeri)
3.
こうぎ = .. ? (kuliah)
= gi

4.
がつか = .... ? (jurusan)
·        Kya = きや Kyu = きゆ Kyo = きよ Gya = ぎやGyu = ぎゆGyo = ぎよ
Sha =
しや Shu = しゆ Sho = しよ 
Cha =
ちや Chu = ちゆ Cho = ちよ Ja = じや Ju = じゆ jo = じよ
Hya =
ひや Hyu = ひゆ Hyo = ひよ Ba = びやByu = びゆByo = びよ
Pya =
ぴや Pyu = ぴゆ Pyo = ぴよ 
Nya =
にや Nyu = にゆ Nyo = によ 
Mya =
みや Myu = みゆ Myo = みよ 
Rya =
りや Ryu = りゆ Ryo = りよ 

Ga =
Gi = Gu = Ge = go =
Za =
Ji = Zu = Ze = zo =
Da =
Ji = Zu = De = do =
Ba =
Bi = Bu = Be = bo =
Pa =
Pi = Pu = Pe = Po =
·       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar