Jumat, 28 Oktober 2011

solder

Solder
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Solder merupakan alat bantu dalam merakit atau membongkar rangkaian elektronika pada rangkaian yang terdapat pada papan pcb. solder merupakan alat elektronika yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Solder banyak jenis dan beragam bentuknya, pada umumnya berbentuk seperti pistol, dan lurus dengan mata solder di ujung yang berbentuk lancip, dan dilengkapi tombol pengatur suhu ukuran tinggi rendahnya panas yang dihasilkan untuk membuat kawat timah mencair agar dapat melepaskan atau menyatukan kaki-kaki komponen pada papan Pcb. Suhu panasnya yang terlalu berlebihan dapat merusak komponen atau menyebabkan komponen lain ikut terlepas. Solder pula digunakan untuk upaya alternatif jumper dengan menghubungkan kabel kecil pada hubungan yang putus pada papan Pcb agar yang retak atau terputus agar dapat tersambung kembali.

Papan tempat memotong roti

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Untuk kegunaan lain, lihat papan tempat memotong roti (disambiguasi) .

http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Sebuah solderless papan tempat memotong roti dengan sirkuit selesai

http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.pngFile: 1920 TRF radio yang diproduksi oleh Signal.jpg
Ini tahun 1920 TRF radio yang diproduksi oleh Sinyal dibangun pada papan tempat memotong roti kayu
Sebuah papan tempat memotong roti (protoboard) adalah basis konstruksi untuk satu-of-a-kind- sirkuit elektronik , sebuah prototipe . Di zaman modern istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada jenis tertentu dari papan tempat memotong roti, yang papan tempat memotong roti solderless (plugboard).
Karena papan tempat memotong roti solderless tidak memerlukan solder , itu dapat digunakan kembali. Hal ini membuat mudah digunakan untuk membuat prototipe sementara dan bereksperimen dengan desain sirkuit. Papan tempat memotong roti jenis yang lebih tua tidak memiliki properti ini. Sebuah papan strip (veroboard) dan mirip prototipe papan sirkuit tercetak , yang digunakan untuk membangun prototipe disolder permanen atau satu-off, tidak dapat dengan mudah digunakan kembali. Berbagai sistem elektronik mungkin akan prototyped dengan menggunakan breadboards, dari sirkuit analog dan digital kecil untuk menyelesaikan unit pengolahan pusat (CPU).
File: papan tempat memotong roti counter.jpg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Sebuah meja biner kabel di papan tempat memotong roti solderless besar
File: papan tempat memotong roti scheme.svg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Pola lubang untuk sebuah prototipe terukir khas PCB ( printed circuit board ) adalah mirip dengan pola simpul dari breadboards solderless ditunjukkan di atas.

Isi

[ sunting ] Evolusi

Pada hari-hari awal radio, amatir dipaku kawat tembaga telanjang atau strip terminal untuk papan kayu (sering harfiah talenan untuk roti) dan komponen elektronik disolder kepada mereka. [1] Kadang-kadang suatu diagram skematik kertas pertama kali terpaku pada dewan sebagai panduan untuk menempatkan terminal, maka komponen dan kabel telah diinstal lebih dari simbol mereka pada skema. Menggunakan pines atau kuku kecil sebagai posting pemasangan juga umum.
Breadboards telah berevolusi dari waktu ke waktu, dengan istilah sekarang digunakan untuk semua jenis perangkat prototipe elektronik. Sebagai contoh, US Patent 3145483, [2] diajukan pada tahun 1961 dan diberikan pada tahun 1964, menjelaskan piring kayu papan tempat memotong roti dengan mata air terpasang dan fasilitas lainnya. US Patent 3496419, [3] , diajukan pada tahun 1967 dan diberikan pada tahun 1970, mengacu tertentu tercetak papan sirkuit tata letak sebagai Printed Circuit papan tempat memotong roti. Kedua contoh mengacu dan menjelaskan jenis lain breadboards sebagai prior art .
Para papan tempat memotong roti paling umum digunakan saat ini adalah biasanya terbuat dari plastik putih dan papan tempat memotong roti (solderless) pluggable. Ini dirancang oleh Ronald J Portugal EI Instruments Inc pada tahun 1971. [4]

[ sunting ] Solderless papan tempat memotong roti

[ sunting ] Spesifikasi Khas

Sebuah papan tempat memotong roti solderless modern yang terdiri dari sebuah blok berlubang dari plastik dengan berbagai disepuh timah perunggu fosfor atau perak nikel paduan [5] klip pegas di bawah perforasi. Klip sering disebut poin dasi atau titik kontak. Jumlah poin dasi sering diberikan dalam spesifikasi papan tempat memotong roti.
Jarak antara klip (lapangan utama) biasanya 0,1 "(2,54 mm). Sirkuit terpadu (IC) di dual in-line paket (DIP) dapat dimasukkan untuk straddle tengah blok. interkoneksi kabel dan lead diskrit komponen (seperti kapasitor , resistor , dan induktor ) dapat dimasukkan ke dalam lubang bebas yang tersisa untuk melengkapi rangkaian IC mana tidak digunakan, komponen diskrit dan kawat menghubungkan dapat menggunakan salah satu lubang.. Biasanya klip musim semi dinilai untuk 1 ampere pada 5 volt dan ampere pada 15 0,333 volt (5 watt ).

[ sunting ] Bus dan terminal strip

File: papan tempat memotong roti dengan 4008B.jpg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Logis 4-bit adder di mana jumlah terhubung ke LED di papan tempat memotong roti khas.
File: Breadboard.svg
Contoh menggambar papan tempat memotong roti. Dua bus strip dan satu strip terminal dalam satu blok. 25 terminal berturut-turut dalam strip bus terhubung (ditandai dengan kesenjangan dalam garis merah dan biru). Empat posting mengikat digambarkan di atas.

http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.pngFile: ScopeProbe.JPG
Close-up dari sebuah papan tempat memotong roti solderless. Sebuah IC mengangkangi tengah ini diperiksa dengan osiloskop penyelidikan . Para papan tempat memotong roti solderless dipasang pada lembaran logam dicat biru. Posting mengikat merah dan hitam yang hadir. Yang hitam sebagian dikaburkan oleh probe osiloskop.
Breadboards solderless tersedia dari beberapa produsen yang berbeda, tetapi kebanyakan berbagi tata letak yang sama. Tata letak papan tempat memotong roti solderless khas terdiri dari dua jenis daerah, yang disebut strip. Strip terdiri dari terminal listrik yang saling berhubungan.
Terminal strip
Bidang utama, untuk memegang sebagian besar komponen elektronik.
Di tengah strip terminal papan tempat memotong roti, salah satu biasanya menemukan takik berjalan secara paralel dengan sisi panjang. Takik adalah untuk menandai garis tengah dari strip terminal dan menyediakan aliran udara terbatas (pendingin) untuk DIP IC mengangkangi centerline [ rujukan? ]. Klip di kanan dan kiri takik masing-masing terhubung dalam cara radial, biasanya lima klip (yaitu, di bawah lima lubang) dalam satu baris di setiap sisi takik elektrik terhubung. Kolom klip lima di sebelah kiri takik sering ditandai sebagai A, B, C, D, dan E, sedangkan yang di sebelah kanan ditandai F, G, H, I dan J. Ketika sebuah "kurus" Dual Dalam Pin-line paket (DIP) sirkuit terpadu (seperti biasa DIP-14 atau DIP-16, yang memiliki 0,3 inci pemisahan antara baris pin) dicolokkan ke papan tempat memotong roti, pin dari satu sisi chip yang seharusnya masuk ke kolom E sedangkan pin dari sisi lain pergi ke F kolom pada sisi lain dari takik.
Bus strip
Untuk memberikan kekuatan untuk komponen elektronik.
Strip bus biasanya berisi dua kolom: satu untuk tanah dan satu untuk tegangan suplai. Namun, beberapa breadboards hanya menyediakan satu-kolom distribusi kekuasaan strip bus di setiap sisi panjang. Biasanya kolom ditujukan untuk suplai tegangan ditandai dengan warna merah, sedangkan kolom untuk tanah ditandai dengan warna biru atau hitam. Beberapa produsen menghubungkan semua terminal dalam kolom. Lainnya hanya menghubungkan kelompok, misalnya, 25 terminal berturut-turut dalam kolom. Desain kedua menyediakan desainer sirkuit dengan kontrol lebih besar atas beberapa crosstalk (kebisingan induktif digabungkan) pada bus power supply. Seringkali kelompok-kelompok dalam strip bus ditunjukkan dengan kesenjangan dalam warna penandaan.
Strip bus biasanya lari ke bawah satu atau kedua sisi strip terminal atau antara strip terminal. Pada breadboards besar strip bus tambahan sering dapat ditemukan di bagian atas dan bawah strip terminal.
Beberapa produsen menyediakan bus yang terpisah dan strip terminal. Lain hanya menyediakan blok papan tempat memotong roti yang berisi keduanya dalam satu blok. Strip papan tempat memotong roti sering atau blok satu merek dapat dipotong bersama-sama untuk membuat papan tempat memotong roti lebih besar.
Dalam varian yang lebih kuat, satu atau lebih strip papan tempat memotong roti yang dipasang pada lembaran logam. Biasanya, bahwa lembar dukungan juga memegang sejumlah posting mengikat . Posting ini menyediakan cara yang bersih untuk menghubungkan catu daya eksternal. Jenis papan tempat memotong roti mungkin akan sedikit lebih mudah untuk menangani. Beberapa gambar dalam artikel ini menunjukkan breadboards seperti solder.

[ sunting ] Diagram

Sebuah "ukuran penuh" terminal jalur papan tempat memotong roti biasanya terdiri dari sekitar 56-65 konektor baris, setiap baris berisi dua set yang disebutkan di atas klip yang terhubung (A sampai E dan F untuk J). Bersama dengan strip bus di setiap sisi ini membuat sebuah 784-910 mengikat papan tempat memotong roti solderless titik yang khas. "Kecil ukuran" strip biasanya datang dengan sekitar 30 baris. Miniatur solderless breadboards sekecil 17 baris (strip bis no, 170 poin dasi) dapat ditemukan, tetapi ini kurang cocok untuk penggunaan praktis.

[ sunting ] kabel Langsung

Langsung kabel untuk solderless breadboarding dapat diperoleh dalam siap-ke-menggunakan set melompat kawat atau dapat diproduksi secara manual. Yang terakhir ini dapat menjadi pekerjaan yang membosankan untuk sirkuit yang lebih besar. Siap-ke-menggunakan kabel melompat datang dalam kualitas yang berbeda, bahkan dengan sumbat kecil melekat pada ujung kawat. Langsung bahan kawat untuk kabel siap pakai atau buatan sendiri biasanya harus 22 AWG (0,33 mm ²) tembaga padat, berlapis timah kawat - dengan asumsi tidak ada colokan kecil harus melekat pada ujung kawat. Ujung kawat harus dihilangkan 3 / 16 "untuk 5 / 16" (sekitar 5 mm sampai 8 mm). Kabel dilucuti lebih pendek mungkin mengakibatkan kontak yang buruk dengan klip musim semi board (isolasi tertangkap di mata air). Kabel lagi dilucuti meningkatkan kemungkinan pendek sirkuit di papan tulis. Needle-hidung tang dan pinset sangat membantu ketika memasukkan atau menghapus kabel, terutama di papan ramai.
Kabel yang berbeda warna dan disiplin kode warna sering dipatuhi untuk konsistensi. Namun, jumlah warna yang tersedia biasanya jauh lebih sedikit daripada jumlah jenis sinyal atau jalan. Biasanya, warna kawat sedikit yang dicadangkan untuk tegangan suplai dan tanah (misalnya, merah, biru, hitam), beberapa dicadangkan untuk sinyal utama, dan sisanya hanya digunakan di mana nyaman. Beberapa siap melompat set menggunakan kawat menggunakan warna untuk menunjukkan panjang dari kabel, tapi set ini tidak memungkinkan kode warna yang berarti skema.

[ sunting ] Di dalam papan tempat memotong roti: konstruksi

Gambar berikut menunjukkan bagian dalam strip bus.
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/60/Insidebreadboard_%286%29.jpg/90px-Insidebreadboard_%286%29.jpg
di papan tempat memotong roti 1
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3d/Insidebreadboard_%281%29.jpg/90px-Insidebreadboard_%281%29.jpg
di papan tempat memotong roti 2
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b5/Insidebreadboard_%284%29.jpg/90px-Insidebreadboard_%284%29.jpg
di papan tempat memotong roti 3
  • File: Insidebreadboard (5) jpg.


di papan tempat memotong roti 5
  • http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/84/Insidebreadboard_%283%29.jpg/90px-Insidebreadboard_%283%29.jpg
di papan tempat memotong roti 6

[ sunting ] Lanjutan solderless breadboards

Beberapa produsen menyediakan high-end versi solderless breadboards. Ini biasanya modul papan tempat memotong roti berkualitas tinggi dipasang pada casing datar. Casing berisi peralatan tambahan untuk breadboarding, seperti catu daya , satu atau lebih generator sinyal , antarmuka serial , modul LED atau LCD, dan probe logika. [6]
Solderless papan tempat memotong roti modul juga dapat ditemukan dipasang pada perangkat seperti papan evaluasi mikrokontroler. Mereka menyediakan cara mudah untuk menambahkan sirkuit pinggiran tambahan untuk papan evaluasi.

 Keterbatasan

File: papan tempat memotong roti complex.jpg
http://bits.wikimedia.org/skins-1.17/common/images/magnify-clip.png
Sebuah contoh dari sirkuit kompleks dibangun pada papan tempat memotong roti. Sirkuit ini adalah Intel 8088 komputer papan tunggal.
Karena besar kapasitansi (2-25 pF per titik kontak), tinggi induktansi dari beberapa koneksi dan kontak yang relatif tinggi dan tidak sangat reproducible resistensi , solder breadboards terbatas untuk operasi pada frekuensi yang relatif rendah, biasanya kurang dari 10 MHz , tergantung pada sifat dari rangkaian. Resistansi kontak relatif tinggi sudah dapat menjadi masalah untuk DC dan sirkuit frekuensi sangat rendah. Breadboards solderless lebih lanjut dibatasi oleh tegangan dan peringkat saat ini.
Solderless breadboards biasanya tidak dapat menampung permukaan-mount teknologi perangkat (SMD) atau komponen dengan jarak jaringan lain dari 0,1 "(2,54 mm). Selanjutnya, mereka tidak dapat mengakomodasi komponen dengan beberapa baris konektor jika konektor tidak cocok dengan dual in-line tata letak-tidak mungkin untuk menyediakan konektivitas listrik yang benar. Kadang-kadang kecil PCB adapter adapter yang disebut pelarian dapat digunakan untuk menyesuaikan komponen untuk papan. adapter tersebut membawa satu atau lebih komponen dan memiliki 0,1 "(2,54 mm) konektor di tunggal dalam -line atau dual in-line layout. Komponen yang lebih besar biasanya dicolokkan ke soket pada adaptor, sementara komponen yang lebih kecil (misalnya, resistor SMD) biasanya disolder langsung ke adaptor. Adaptor ini kemudian terpasang ke papan tempat memotong roti melalui 0,1 "konektor. Namun, kebutuhan untuk solder komponen ke adaptor meniadakan beberapa keuntungan menggunakan papan tempat memotong roti solderless.
Sirkuit kompleks dapat menjadi tidak terkendali pada papan tempat memotong roti karena jumlah besar kabel yang diperlukan.

 Alternatif

Metode alternatif untuk membuat prototipe point-to-point konstruksi , mengingatkan pada breadboards asli, membungkus kawat , pensil kabel , dan papan seperti papan strip . Sistem yang rumit, seperti komputer modern yang terdiri dari jutaan transistor , dioda , dan resistor , tidak meminjamkan diri untuk prototyping menggunakan breadboards, sebagai desain yang kompleks mereka bisa sulit untuk lay out dan men-debug pada papan tempat memotong roti. Desain sirkuit modern umumnya dikembangkan dengan menggunakan skema menangkap dan sistem simulasi, dan diuji dalam simulasi perangkat lunak sebelum prototipe pertama sirkuit dibangun pada papan sirkuit tercetak . sirkuit terpadu desain adalah versi yang lebih ekstrim dari proses yang sama: karena memproduksi silikon prototipe mahal, simulasi perangkat lunak yang luas dilakukan sebelum fabrikasi prototipe pertama. Namun, teknik prototyping masih digunakan untuk beberapa aplikasi seperti RF sirkuit, atau di mana perangkat lunak model komponen yang tidak tepat atau tidak lengkap.
~Testpen merupakan suatu alat yang digunakan untuk menguji apakah ada tegangan listrik pada suatu benda/logam
Solder adalah alat pemanas untuk melelehkan timah sehingga menempel pada kaki-kaki transistor atau komponen elektronika lainnya, sehingga kaki-kaki tersebut bersatu dengan jalur pada pcb (printed circuit board).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar